Cibinong, Pesat News — Sabtu, 2 April 2016. SMA Plus PGRI Cibinong mengadakan pelatihan yang berjudul Teachers Capacity Building. Sesuai dengan judul pelatihan nya, ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Guru.

SMA Plus PGRI Cibinong selalu mengambil peran lebih awal untuk setiap perubahan – perubahan yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran. Hari ini SMA Plus PGRI Cibinong meminta narasumber nasional untuk secara langsung memberikan pelatihan kurikulum 2013, yang sebenarnya pelatihan ini nanti diperuntukan untuk nasional dan untuk provinsi. Tapi Guru – guru SMA Plus PGRI Cibinong mempersiapkan diri lebih awal dibandingkan dengan sekolah – sekolah yang lain, supaya memiliki pemahaman yang lebih baik dalam rangka pelaksanaan kurikulum 2013.

Unsur yang terlibat dalam pelatihan ini yaitu Dr. H. Basyarudin Thayib, M.Pd. selaku Kepala sekolah SMA Plus PGRI Cibinong, Wakasek Kurikulum, Team Quantum Learning Center, Guru – guru dan narasumber nasional.

Waktu pelaksanaan direncanakan secara berseri. Hari ini merupakan kegiatan pertama. Yaitu paparan materi secara umum dari nara sumber nasional, kemudian mengisi LK1 dan LK2.

LK1 yaitu yang berkaitan dengan analisis KIKD, sampai menentukan rancangan penilaian. Sedangkan LK2 yaitu menyusun keterkaitan/analisis materi pembelajaran dengan pramuka, maupun budaya lokal.

Berikutnya tentang proses pembelajaran, model – model pembelajaran dan penilaian. Tetapi untuk proses pembelajaran, SMA Plus PGRI Cibinong akan buat sedikit lebih berbeda dengan yang lain. Yaitu dalam bentuk lomba.

Jadi, Guru – guru SMA Plus PGRI Cibinong yang mewakili team mata pelajaran nya masing – masing akan menyusun LK1, LK2 kemudian RPP. Setelah itu di tampilkan. Karena, penampilan itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pelatihan ini.

Program peningkatan kapasitas Guru ini memiliki 4 inti:

  • Pertama, Pelatihan Kompetensi Pedagogik. Secara terus menerus kemampuan pedagogik Guru SMA Plus PGRI Cibinong dilatih, supaya mereka tidak ketinggalan dalam perkembangan – perkembangan pedagogik terkini.
  • Kedua, pengembangan Konten. Supaya Guru – guru memahami konsep pembelajaran nya secara komprehensif.
  • Ketiga, diskusi RPP. RPP merupakan rencana yang akan dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pelatihan kurikulum 2013 ini, adalah dalam rangka menyempurnakan RPP. Karna dengan perkembangan – perkembangan dan perubahan yang terjadi pada kurikulum yang sekarang, maka kita harus menyesuaikan dan mengadaptasi sesuai dengan perkembangan – perkembangan terkini. Oleh karna itu SMA Plus PGRI Cibinong menyelenggarakan pelatihan lebih awal dibandingkan dengan Guru – guru disekolah yang lain.
  • Keempat, bedah buku. Memilih beberapa buku penunjang, yang mana buku ini akan diarahkan kepada pengayaan – pengayaan yang berkaitan dengan tugas dan kompetensi Guru.

SMA Plus PGRI Cibinong bersyukur memiliki 2 orang narasumber, yang bisa secara langsung dari kemendiknas. Ini bertujuan supaya kita dapat melaksanakan kurikulum 2013 di tahun depan, lebih baik dibandingkan dengan tahun ini dengan persiapan yang matang. Serta agar Guru – guru dapat melaksanakan kurikulum 2013 ini, sesuai dengan panduan – panduan yang di tetapkan oleh kemendikbud.