JAKARTA — Ujian Nasional (UN) 2014 sudah di depan mata. Untuk itu, nilai UN nantinya akan menjadi syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Syarat ini merupakan hasil pendekatan dengan PTN.

Namun demikian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak akan mengeluarkan aturan baku mengenai komposisi nilai UN dan nilai rapor sebagai persyaratan masuk PTN.

“Konsep dasar yang kami siapkan mulai 2010 yaitu integrasi vertikal. Hasil pendidikan dasar bisa dipakai untuk masuk di pendidikan menengah, dan hasil pendidikan menengah bisa dipakai untuk masuk PTN. Sehingga dengan demikian ada integrasi secara vertikal”. kata Mohammad Nuh, seperti dikutip dari laman Setkab, Rabu, (22/2/2014).

Menurut dia, integrasi vertikal tersebut bermakna besar, karena ada pengakuan terhadap prestasi yang dicapai seseorang di jenjang pendidikan sebelumnya. Pengakuan itu, menjadi hal yang sangat mendasar.

Dirinya pun meyakini, menyatunya konsep integrasi vertikal memunculkan rasa saling percaya antarjenjang pendidikan.

“Kita bisa membayangkan kalau antarjenjang pendidikan di antara kita satu sama lain tidak mengakui apa yang dihasilkan jenjang di bawahnya. Ketidakpercayaan akan menimbulkan pemborosan biaya finansial maupun biaya nonfinansial,” kata Mendikbud. (ade)

sumber : http://kampus.okezone.com/read/2014/02/25/560/946527/tahun-ini-syarat-masuk-ptn-pakai-nilai-un