PESAT NEWS – Selasa 12 September 2017, SMA Plus PGRI Cibinong Mengadakan seminar Stadium Generale, yang bekerja sama dengan KANIT (Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak), Purwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) dan Akbid mitra husada. Seminar Stadium Generale ini dimulai pada pukul 07.00 – 16.00 WIB.

Seminar Stadium Generale bertujuan untuk meminimalisir serta mencegah kasus-kasus yang berhubungan dengan seksualitas yang terjadi pada remaja. Menurut survei yang dilakukan oleh Komite Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), dan Kementrian Kesehatan, (Kemenkes) pada Oktober 2013. Memaparkan bahwa sekitar 62,7% remaja di Indonesia telah melakukan hubungan seks di luar nikah. 20% dari 94.270 perempuan yang mengalami hamil di luar nikah juga berasal dari kelompok usia remaja dan 21% diantaranya pernah melakukan aborsi. Lalu pada kasus terinfeksi HIV dalam rentang 3 bulan sebanyak 10.203 kasus, 30% penderitanya berusia remaja. Fenomena itu sebenarnya merupakan lanjutan dari begitu banyak kemudahan yang diterima anak-anak, bahkan yang berasal dari para orangtua mereka sendiri, untuk mengakses konten-konten yang tidak pantas di medsos via gadget yang diperoleh pada usia terlalu dini tanpa dibekali aturan yang tepat dalam penggunaannya.

Selain itu Pihak SMA Plus PGRI Cibinong juga memberikan penyuluhan melalui 3 pihak dan 3 sudut pandang yang berbeda yaitu dari sudut pandang agama, biologi serta dari sudut pandang guru BK yang memberikan informasi tentang sistem reproduksi serta dampak yang diakibatkan.

Adapun unsur yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya adalah KANIT (Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak), Purwatusi (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia), Akbid mitra husada Tim BK, Tim biologi, Tim Agama, TKJ, MM, Tim sarana dan prasarana SMA Plus PGRI Cibinong, Tim osis dan Unsur-unsur pimpinan (Kepala Sekolah, Wakasek Senior dan Humas).